Ingin Jadi Atlet Renang Profesional? Lakukan 5 Hal Persiapan Olahraga Renang Berikut

Ingin Jadi Atlet Renang Profesional? Lakukan 5 Hal Persiapan Olahraga Renang Berikut

Anda suka dengan olahraga renang dan ingin mendalami profesi atlet ini? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar latihan renang yang dilakukan rutin bisa lebih berkualitas. Tahapan awal sebelum berenang ini tidak boleh disepelekan. Lakukan 5 Persiapan Olahraga Renang berikut sehingga latihan anda lebih maksimal dan berkualitas. 

5 Tahap Penting Sebelum  Olahraga Renang Untuk Pemula

1. Pemanasan Adalah Hal Wajib

Hal wajib yang harus dilakukan sebelum memulai olahraga adalah dengan melakukan pemanasan. Pemanasan ini wajib dilakukan agar tubuh tidak kaget dan untuk menghindari kram otot. Kegiatan pemanasan ini juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan juga detak jantung secara bertahap sehingga tubuh akan lebih siap berolahraga. 

Read More

Lakukan gerakan ringan saja seperti berjalan di sekitar kolam atau dengan mengayunkan tangan dan kaki sekitar 10 hingga 15 menit. Setelah itu, anda juga bisa sedikit membuat diri nyaman di dalam air sebelum berenang. Mulai dengan merendam tubuh sebatas leher dan membasahi muka secara berulang-ulang. 

2. Melatih Pernapasan

Persiapan Olahraga Renang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan melatih pernapasan. Melatih pernapasan sebelum berolahraga adalah salah satu tahap yang penting dan harus dilakukan. Para perenang harus mengetahui kapan waktunya menghirup atau mengembuskan udara saat di dalam air. 

Ingin Jadi Atlet Renang Profesional? Lakukan 5 Hal Persiapan Olahraga Renang Berikut

Salah satu cara melatih pernapasan antara lain dengan mengambil napas panjang kemudian memasukkan seluruh tubuh ke dalam kolam. Tahan napas selama beberapa detik hingga mengeluarkan gelembung udara sedikit demi sedikit. Kemudian keluarkan kepala ke permukaan kolam, dan tarik napas dengan membuka mulut dan membuka mata. 

3. Belajar Apungkan Badan

Langkah pertama yang dilakukan untuk berenang adalah dengan belajar mengapungkan badan. Dapatkan posisi apung dengan baik untuk mengawali latihan. Hal ini bisa digunakan sebagai salah satu cara agar tidak tenggelam saat berenang. Anda bisa buka kedua kaki dan lengan seperti bintang agar bisa mengapung. 

Persiapan Olahraga Renang ini bisa anda lakukan dengan menggunakan gaya apung telentang. Anda bisa memulai dengan membuka kaki dan tangan dengan posisi telentang. Lakukan kedua langkah mengapungkan tubuh ini hingga anda mengusainya. Gerakan apung sudah sempurna bila kepala bisa melihat ke arah belakang.

4. Belajar Lakukan Teknik Meluncur

Langkah berikutnya sebelum berenang adalah dengan belajar teknik meluncur. Anda bisa memposisikan badan untuk berdiri tegak dan kedua tangan rapat lurus ke atas. Kemudian bungkukkan tubuh ke arah depan hingga dada menyentuh permukaan air. Lakukan gerakan tolak ke dinding menggunakan satu kaki lalu meluncur selama mungkin. 

Hal lain yang tak kalah penting adalah dengan meluruskan postur tubuh. Postur tubuh yang memanjang akan membantu pergerakan lebih cepat di dalam air. Regangkan tubuh ke arah yang dituju dengan tangan lengan masuk bergerak melalui air. Banyak perenang profesional sering berlatih teknik ini.

5. Lakukan Tendangan Kecil Namun Mantap

Setelah melakukan Persiapan Olahraga Renang dengan baik, maka langkah selanjutnya untuk pemula adalah dengan belajar melakukan tendangan kecil saja. Masih banyak kesalahan yang dilakukan perenang pemula adalah menendang terlalu banyak. Akan lebih baik melakukan tendangan yang sedikit dorongan namun mantap dan penuh energi. 

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan olahraga renang. Walaupun masih tahap awal, namun persiapan tersebut tidak boleh disepelekan. Dengan melakukan persiapan yang benar, maka olahraga renang akan lebih maksimal. Jangan lupa terus menjaga kondisi tubuh agar selalu tetap prima. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *