Mengenal 4 Teknik Pemanasan Sepak Bola Yang Biasa Dilakukan Atlet, Yuk Cek Sekarang!

Mengenal 4 Teknik Pemanasan Sepak Bola Yang Biasa Dilakukan Atlet, Yuk Cek Sekarang!

Sesi pemanasan merupakan waktu yang penting sebelum melakukan sebuah aktivitas fisik, termasuk olahraga. Salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak peminat adlaha sepak bola. Lantas sudah tahukah anda bagaimana teknik pemanasan sepak bola yang benar dan biasa dilakukan para atlet? Yuk intip informasi selengkapnya sebagai berikut!

Teknik Pemanasan Yang Penting Untuk Sepak Bola

1. Jogging Di Tempat

Jogging di tempat merupakan teknik pemanasan yang selalu dilakukan oleh atlet sebelum melakukan pertandingan. Cara tersebut akan meregangkan sendi dan meningkatkan detak jantung. Sejatinya ada banyak variasi jogging yang bisa anda coba. Yang paling direkomendasikan adalah jogging di tempat kemudian dibarengi dengan interval peregangan. 

Read More

Selama interval, lakukan gerakan over gate dengan cara mengangkat lutut kemudian memutarnya ke arah dalam sambil melangkah maju. Setelah itu lanjutkan dengan kick out sambil mengangkat bagian bawah kaki. Terakhir, rentangkan kaki serta lakukan gerakan menendang. Variasi gerakan yang berikutnya adalah dengan melakukan gerakan open gate sambil menepuk tumit. 

2. Stretching Di Tempat

Stretching adalah bentuk pemanasan sepak bola yang penting dan tidak boleh sampai ketinggalan. Anda perlu memastikan bahwa otot telah meregang dengan sempurna agar tidak mengalami cedera. Beberapa area penting yang perlu pemanasan adalah di bagian paha, betis, dan selangkangan. Bagian bagian tersebut adalah yang paling sering cedera saat bermain sepak bola. 

Mengenal 4 Teknik Pemanasan Sepak Bola Yang Biasa Dilakukan Atlet, Yuk Cek Sekarang!

Stretching yang paling mudah adalah dengan melakukan squat kemudian dilanjutkan dengan mengangkat betis ke bagian bokong. Tahan tumut dan lakukan gerakan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Yang kedua, lakukan calf stretch dengan posisi kaki belakang yang rata kemudian beban tubuh dipindah ke kaki bagian depan. 

3. Melakukan Gerakan Dinamis

Gerakan yang dinamis perlu dilakukan untuk meningkatkan kerja jantung. Teknik ini juga akan membuat suhu tubuh meningkat serta mempercepat aktivitas paru paru. Gerakan yang paling mudah dikenal dengan nama gerakan aerobik dengan mock strikes. Anda pura pura menendang bola, melakukan tendangan putar, dan memutar pinggul. Pemanasan sepak bola ini bisa dilakukan berpasangan.

Agar lebih maksima, anda bisa padukan dengan gerakan jungle walk selama beberapa menit. Selama melakukan pemanasan, ada baiknya jika anda melakukannya secara tidak terburu buru. Akan sangat disayangkan jika pada akhirnya anda mengalami cedera saat sedang bertanding. Perlu diingat bahwa cedera karena kurang pemanasan bisa berakibat fatal. 

4. Pemanasan Kaki

Bagian yang paling banyak digunakan saat sedang bermain sepak bola adalah kaki. Tidak heran jika pemanasan di bagian ini sangat penting dan paling diprioritaskan. Pergelangan kaki adalah yang paling sering cedera, sehingga perlu perhatian lebih. Gerakan pemanasan kaki yang umum digunakan adalah lompat sisi, jogging mundur, zig zag dengan core, dan menyentuh lutut yang terangkat tinggi. 

Disamping beberapa gerakan yang disebutkan tadi, anda juga bisa melakukan gerakan lain seperti melompat sambil melintasi rintangan. Setelah melakukan pemanasan, anda pun perlu melakukan pendinginan selama beberapa menit. Ketika Teknik pemanasan sepak bola yang biasa dilakukan atlet ini diterapkan, maka tubuh anda akan aman saat bertanding. 

Dari informasi yang telah disebutkan tadi, terlihat bahwa pemanasan merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas olahraga. Banyak sekali kejadian yang kurang mengenakkan ketika seorang pemain bola tidak melakukan pemanasan dengan baik. Cedera yang muncul tidak hanya ringan, namun juga banyak yang berat. Bahkan cedera itu bisa mengganggu aktivitas sehari hari. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *