Panduan Cara Memilih Bola Voli yang Bagus untuk Taklukkan Lapangan, Wajib Tahu!

Panduan Cara Memilih Bola Voli yang Bagus untuk Taklukkan Lapangan, Wajib Tahu!

Permainan bola voli mulai masuk di Indonesia setelah dikenalkan oleh guru guru olahraga asal Belanda pada masa penjajahan. Popularitasnya kemudian memprakarsai lahirnya PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Jika anda tertarik dengan olahraga ini, maka yang harus dilakukan pertama kali yaitu memilih bola voli yang tepat. Berikut cara memilih bola voli yang bagus untuk taklukkan lapangan.

Panduan Memilih Bola Voli

1. Pilih Jenis Bola Berdasarkan Ukurannya

Untuk belajar dan melakukan permainan bola voli, tentu anda perlu memiliki bolanya terlebih dahulu. Dimana bola voli ini punya berbagai macam jenis yang dibedakan dari ukurannya. Dan jenis ukuran tersebut dapat dipilih dengan menyesuaikan terhadap usia pemainnya. 

Read More

Untuk anak usia sekolah dasar, bisa menggunakan bola voli ringan ukuran 4. Karena ukuran ini cenderung lebih ringan 50 gram daripada bola ukuran 4 biasa, yaitu mempunyai berat antara 200 sampai 220 gram. Selain itu bahannya juga relatif lebih lembut dan empuk sehingga tidak berbahaya untuk anak anak.

Sementara itu, cara memilih bola voli yang bagus untuk usia sekolah menengah pertama yaitu size 4 biasa dengan bobot sekitar 240 sampai 260 gram. Sekilas mungkin mirip dengan bola voli ringan ukuran 4, namun perbedaannya dapat dilihat pada berat dan struktur luarnya. 

Sedangkan bagi anak usia sekolah menengah atas dan dewasa dapat menggunakan bola voli size 5 dengan berat kurang lebih 260-280 gram. Hampir semua bola jenis ini terbuat dari bahan kulit dan umumnya digunakan dalam pertandingan nasional maupun internasional, baik untuk pria dan wanita.

Panduan Cara Memilih Bola Voli yang Bagus untuk Taklukkan Lapangan, Wajib Tahu!

2. Pertimbangkan Bahan Bola Voli

Selain memilih berdasarkan jenis ukuran bola, sebaiknya anda mempertimbangkan bahan yang digunakan bola voli tersebut. Secara umum, terdapat dua jenis bahan bola voli yaitu lunak dan keras. Namun bahan yang digunakan sebenarnya bisa bermacam macam, misalnya bahan karet untuk permainan anak karena bersifat lebih empuk.

Sayangnya bola karet cenderung mudah kemasukan angin meskipun mempunyai daya pantul yang baik, jadi sebaiknya gunakan pengukur khusus ketika memompa bola. Cara memilih bola voli yang bagus untuk anak sekolah dasar juga dapat memakai bahan vinil dan EVA. Karena bahan tersebut punya tingkat fleksibilitas dan elastisitas tinggi sehingga lebih mudah dikendalikan.

Bola voli berbahan EVA dan vinil seperti itu pun sangat cocok untuk pemula yang baru belajar permainan voli. Sedangkan dalam pertandingan, bola voli yang digunakan memiliki struktur bantalan khusus untuk menunjang performa tinggi. Dimana lapisan kulit bagian luarnya dijahit dengan bantalan empuk sehingga permukaan bola dapat melekat pada tangan dan ujung jari.

3. Perhatikan Desain dan Warna Bola

Berikutnya, anda bisa memperhatikan desain dan warna bola voli. Meskipun terlihat mirip, ternyata bola voli punya desain dan warna yang beragam. Yang mana desain serta warna bola ini dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan anda terhadap bola. Pasalnya dahulu bola voli memang hanya berwarna putih dengan enam panel.

Namun seiring berjalannya waktu, sekarang sudah ada banyak bola voli yang diproduksi dengan lebih inovatif. Karena bola dengan corak dan banyak warna akan memudahkan dalam membaca pergerakannya. Contohnya bola voli dengan corak ramping yang cocok digunakan apabila anda ingin memperkuat servis. Jadi perhatikan aspek ini sebagai cara memilih bola voli yang bagus.

Demikian panduan cara memilih bola voli yang dapat diterapkan untuk menaklukkan lapangan. Jika untuk keperluan pertandingan, anda dapat menggunakan bola tersertifikasi. Sementara untuk keperluan belajar menggunakan bola biasa pun sudah cukup. Jadi silahkan pilih sesuai kebutuhan dan kondisi masing masing. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *