Connect with us

indonesia

Preview Semifinal Indonesia VS Thailand

Indonesia lolos ke babak semifinal dengan status sebagai runner up grup A di bawah dari tuan rumah Vietnam. Indonesia sendiri dipastikan akan menghadapi tim kuat dari group B yaitu Thailand, Thailand sendiri berstatus sebagai juara grup B.

Pada hari Kamis 19 Mei mendatang, Indonesia akan menghadapi laga penting, laga yang menentukan langkah timnas Indonesia kedepannya, apakah mampu melaju ke babak final atau akan terhenti di babak semifinal. Dalam menghadapi Thailand, sebenarnya Timnas Indonesia sedikit diuntungkan karena mempunyai waktu recovery yang lebih panjang dibandingkan dengan tim Thailand. Tetapi kabar kurang mengenakkan datang dari bek sayap Timnas Indonesia yaitu Asnawi Mangkualam Bahar, Asnawi terancam absen atau bahkan dipastikan absen pada laga melawan Thailand karena akumulasi kartu yang ia dapat. Walaupun ada aturan yang mengatakan bahwa ada pemutihan kartu, itu hanya berlaku pada pemain yang baru mendapatkan satu kuning, sedangkan Asnawi sendiri sudah mengoleksi 2 kartu kuning.

Dari segi komposisi pemain tentu tidak akan banyak perubahan, terutama tiga pemain senior seperti Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan Fachrudin Aryanto yang selalu menjadi pilihan utama dari Shin Tae Yong, memang ketiga pemain ini mempunyai peran yang cukup penting bagi tim. Sedangkan Timnas Indonesia cukup dirugikan dengan absennya Asnawi Mangkualam Bahar, ini artinya pos yang ditinggalkan Asnawi akan diisi oleh Ilham Rio Fahmi yang kita tahu Rio adalah pemain muda, pemain debutan di Timnas Indonesia.

Tetapi permainan Rio sendiri sudah mengalami peningkatan setelah laga melawan Vietnam. Ini akan menjadi sisi yang mungkin akan terus dieksploitasi oleh Thailand, sama halnya saat Indonesia melawan Vietnam, mereka cenderung melakukan serangan melalui sisi kanan pertahanan Indonesia yang ditempati Rio Fahmi. Memang kita akui bahwa pertahanan sisi kiri maupun kanan agak sedikit riskan, karena diisi oleh pemain-pemain yang memang bukan posisi aslinya seperti Dewangga yang ditempatkan di sisi kiri pertahanan, tetapi pilihan pemain itu 100% adalah hak dari pelatih. Disisi lain Timnas Indonesia akan mendapatkan amunisi tambahan dengan kembalinya Saddil Ramdani, ini tentu akan menambah kekuatan di lini depan Timnas Indonesia, sedangkan untuk Elkan Baggot sendiri belum tahu kapan akan bergabung.

Sementara dari kubu Thailand, Pelatih Thailand sendiri setelah mengetahui bahwa Shin Tae Yong hadir pada laga terakhir Thailand, mengatakan bahwa percuma memata-matai pertandingan Thailand, karena Polking sendiri akan menggunakan taktik yang berbeda pada setiap pertandingannya. Secara komposisi tim mereka juga diperkuat beberapa pemain yang berkarir di luar negeri, tentu saja ini akan menjadi tambahan kekuatan bagi Thailand, walaupun tim Thailand sendiri dalam persiapan menghadapi ajang Sea Games ini cukup singkat.

Dari segi permainan Timnas Indonesia harusnya tetap bermain seperti biasa, jangan bertahan terlalu dalam, berkaca pada pertandingan AFF 2020 lalu, jika Indonesia mampu menguasai lini tengah maka Indonesia akan mampu memenangkan pertandingan. Artinya ini adalah tugas berat bagi Marc Klok dan Kambuaya sebagai jendral lapangan tengah untuk mempu menahan atau meredam lini tengah dari Thailand. untuk formasi sendiri mungkin bisa menggunakan 4-1-4-1 jika ingin menyerang sejak awal pertandingan, tetapi ini cukup riskan hanya menempatkan 1 gelandang bertahan karena menghadapi lawan sekelas Thailand, atau bisa jadi menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan menempatkan dua gelandang bertahan antara Marc Klok dan Rachmat Irianto. Dengan menempatkan 2 gelandang bertahan akan memberikan rasa aman bagi pertahanan Indonesia.

Menarik untuk kita tunggu bagaimana laga antara Indonesia VS Thailand, Siapa Kitaaa Indonesia

Hasbunallah Wa Nikmal Wakil Nikmal Maula Wa Nikman Nasir

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in indonesia