Sebutkan Macam-macam Gerak Dasar Permainan Bola Voli yang Lengkap

Sebutkan Macam-macam Gerak Dasar Permainan Bola Voli yang Lengkap

Bola voli menjadi permainan olahraga yang menyehatkan dan banyak digemari orang. Apabila Anda baru belajar voli, ketahui dulu ragam teknik dasar dalam olahraga ini. Anda bisa sebutkan macam-macam gerak dasar permainan bola voli dengan mempelajarinya di artikel berikut.

Macam-Macam Gerak Dasar Voli yang Perlu Diketahui

Seperti jenis olahraga lainnya, bola voli juga memiliki beberapa aturan dan teknik dasar. Berikut ini macam-macam gerak dasar yang perlu Anda pelajari agar dapat memahami permainan bola voli.

Read More

1. Servis

Service Pada Bola Voli
Source : Unsplash By Angelo Pantazis

Serving atau servis adalah salah satu teknik dasar dalam olahraga voli yang menjadi pukulan awal untuk memulai permainan. Pukulan awal yang dilambungkan ke arah tim lawan ini juga menjadi kesempatan untuk memperoleh poin. Pemain melakukan servis di belakang garis lapangan.

Gerakan servis dapat dilakukan dengan beberapa teknik seperti servis atas, servis bawah, servis mengambang, servis samping dan servis lompat. Berikut penjelasan selengkapnya supaya Anda dapat sebutkan macam-macam gerak dasar permainan bola voli terutama gerakan servis.

  • Servis atas

Servis atas atau yang disebut juga sebagai the overhand serve adalah salah satu gerak dasar yang paling mudah dalam olahraga voli. Gerakan ini dilakukan dengan melambungkan bola ke arah vertikal lalu dipukul menggunakan telapak tangan.

  • Servis bawah 

Selanjutnya ada teknik servis yang disebut sebagai the underhand serve atau servis bawah. Cara melakukan servis bawah yaitu memegang bola sejajar pinggang lalu mengayunkan tangan yang dikepal untuk menangkis bola dengan pergelangan tangan bagian dalam. Servis bawah menjadi gerakan dasar yang paling umum diajarkan untuk pemula.

  • Servis mengambang

Selanjutnya ada servis mengambang atau mengapung yang bisa dikatakan mirip dengan servis atas. Float servis dilakukan dengan teknik melempar bola di atas kepala tetapi jangan sampai memutar. Tangkis dengan telapak tangan di bagian tengah sehingga bola mengambang lebih lama di atas lapangan menuju tim lawan.

  • Servis samping 

Ada lagi gerak dasar permainan bola voli yang disebut servis samping atau side arm serve. Pemain memukul bola dengan berdiri menghadap sisi kanan lapangan. Kemudian tangan kanan diayunkan hingga membentuk setengah lingkaran untuk memukul bola yang dipegang tangan kiri.

  • Servis lompat

Jump serve atau servis lompat adalah teknik dasar yang menghasilkan pukulan keras dan cepat. Pukulan ini dikenal sebagai servis yang mematikan karena kerapkali dapat menghasilkan poin untuk tim. Namun, gerakan ini cukup sulit dikuasai karena pemain harus bisa memperhitungkan waktu yang tepat antara lompat dan memukul bola.

2. Mengoper atau passing

macam-macam gerak dasar permainan bola voli
Source : Unsplash By Odd Fellow

Passing adalah gerakan dasar dalam olahraga voli yang bertujuan untuk memberikan umpan atau mengoper bola ke pemain satu tim. Jangan lupa dalam sebutkan macam-macam gerak dasar permainan bola voli ada passing atas dan passing bawah.

  • Passing atas 

Gerakan dasar ini biasanya dilakukan untuk mengoper bola yang berada di atas kepala. Pukulannya disesuaikan dengan keras atau lemahnya bola yang mengarah ke pemain. Selain untuk memberikan umpan kepada spiker, passing atas juga biasa dilakukan untuk mengarahkan bola melewati jaring ke area lawan.

  • Passing bawah

Selain passing atas, ada juga passing bawah yang kerap dilakukan pemain saat menerima bola servis, umpan dari spike, maupun bola lainnya yang setinggi pinggang ke bawah. Cara melakukan passing bawah yaitu menggunakan kedua lengan yang dirapatkan dan kedua ibu jari sejajar.

3. Serangan 

Selain gerakan servis dan mengoper, ada juga gerakan menyerang atau attack. Tujuan melakukan gerakan ini tentu untuk memasukan bola ke area lawan sehingga dapat mencetak poin. Serangan dengan teknik spike paling sering diandalkan, tetapi masih ada beberapa teknik serangan lainnya seperti berikut.

  • Spiking atau hitting

Serangan dalam permainan voli dapat dilakukan menggunakan teknik hitting atau spiking. Caranya dengan mengayunkan satu tangan untuk menangkis bola dengan kuat. Kuat lemahnya pukulan akan menentukan keberhasilan serangan ini.

  • Heat

Sebutkan macam-macam gerak dasar permainan bola voli untuk memberikan serangan, Anda bisa menyebutkan heat. Gerakan ini dilakukan ketika memukul bola, pemain akan menambah kekuatan tangan atau pukulan. Teknik heat seperti hitting tetapi dengan kekuatan ekstra atau kekuatan yang lebih besar.

  • Tip

Jika pemain melakukan gerakan hitting tetapi hanya mengarahkan bola ke atas net, pemain tersebut sedang melakukan gerakan yang disebut tip. Teknik gerakan ini tidak menggunakan pukulan keras karena pemain bisa memukul bola dengan ujung jari atau kepalan tangan.

  • Back row attack

Teknik menyerang dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan back row attack yang dilakukan oleh dua pemain. Pemain melakukan gerakan seperti akan melakukan serangan untuk mengecoh tim lawan. Diikuti oleh pemain lain yang melakukan serangan yang sesungguhnya dari bola yang sudah diarahkan.

  • Roll shoot

Roll shoot adalah teknik menyerang yang dilakukan untuk mencapai target tertentu. Gerakan ini tidak dilakukan dengan pukulan keras seperti hitting maupun heat.

4. Bertahan atau blocking pada gerak bola voli

Keterampilan gerak dalam olahraga voli termasuk servis, passing, dan smash. Berikut bukan keterampilan gerak permainan bola voli yaitu blocking atau bertahan. Namun jenis gerakan ini perlu dipelajari untuk dapat membantu menahan serangan dari lawan.

Blocking dapat dilakukan dengan diam di posisi maupun melompat. Namun, perlu diingat bahwa posisi tangan hanya untuk memblokir serangan bola bukan untuk mengoper.

5. Digging pada gerak dasar permainan bola voli

Bola yang diarahkan lawan tidak hanya ditangkis dengan blocking, tetapi juga bisa menggunakan teknik digging. Gerakan ini biasanya dilakukan untuk bola yang hampir mengenai lapangan. Pemain akan melompat seperti gerakan menyelam untuk menghindari serangan lawan.

Teknik digging ini pun disebut juga sebagai diving, deep dish, atau beach dig. Anda bisa sebutkan macam-macam gerak dasar permainan bola voli yang cukup sulit seperti digging ini. Pemain perlu latihan agar tidak cedera saat melakukan digging.

Pemain akan melompat ke arah bola dengan merentangkan tangan agar bola tidak jatuh ke lapangan. Biasanya posisi tangan yang digunakan untuk memukul bola disejajarkan seperti melakukan passing.

6. Sliding 

Gerakan dasar ini dilakukan untuk kondisi darurat seperti bola yang jatuh ke posisi sangat rendah. Penyelamatan untuk bola-bola rendah memang bisa dilakukan dengan digging dan juga sliding. Pemain voli melakukan sliding dengan menjatuhkan diri dengan seluruh lengan terjulur untuk menangkis bola.

Biasanya menggunakan satu lengan untuk menghalau bola agar tidak jatuh ke landasan. Saat melakukan gerakan sliding, tubuh akan terseret di landasan seperti gerakan meluncur.

Gerakan sliding termasuk salah satu gerakan yang rawan terjadi cedera atau luka. Oleh sebab itu, diperlukan keterampilan tinggi untuk pemain bisa melakukan sliding atau slide yang aman.

Nah, itulah beberapa gerakan dasar yang ada dalam permainan bola voli. Bagaimana, sudah paham dan bisa sebutkan macam-macam gerak dasar permainan bola voli belum? Jangan lupa rajin berlatih untuk bisa menguasai gerakan-gerakan di atas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *