Simak Aturan Berenang yang Baik, Berikut Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan!

Simak Aturan Berenang yang Baik, Berikut Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan!

Berenang merupakan kegiatan yang menggunakan keseluruhan tubuh, sehingga olahraga ini mampu memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan dan kebugaran badan. Namun untuk memperoleh manfaat yang optimal tersebut, maka anda perlu memahami dan melakukan aturan berenang yang baik. Adapun hal yang harus dan tidak boleh dilakukan saat berenang yaitu sebagai berikut.

Yang Harus Dilakukan Saat Berenang

1. Pemanasan di Darat Sebelum Berenang

Seperti melakukan olahraga lainnya, anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menceburkan diri ke dalam kolam renang. Terlebih jika sebelumnya anda sudah lama tidak berenang dan tubuh terasa kaku. Yang mana melakukan peregangan akan membantu menyiapkan fleksibilitas tubuh anda.

Read More

Sehingga risiko seperti kram atau cedera saat berada di dalam air dapat diminimalisir. Adapun beberapa latihan singkat yang dapat dilakukan di darat sebelum berenang yaitu lari atau loncat loncat di tempat, putar putar lengan, shoulder touch, bent over swings, cross body leg swings, hingga putar putar kaki. Intinya lakukan peregangan setiap bagian tubuh selama kurang lebih 10 hingga 15 detik.

2. Pemanasan di Air Sebelum Berenang

Aturan berenang yang baik tidak hanya melakukan pemanasan di darat, melainkan anda juga perlu melakukan pemanasan di air sebelum mulai berenang. Sebab peregangan otot yang dilakukan sebelumnya di darat memiliki efek yang minim pada fleksibilitas tubuh, meskipun aktivitas tersebut mampu meredakan ketegangan.

Supaya dapat mempersiapkan tubuh anda dengan maksimal sebelum berenang, maka anda perlu melakukan beberapa kali dayungan kaki untuk peregangan. Anda juga bisa melakukan renang yang ringan mengelilingi kolam selama lima menit sebagai permulaan. Jika perlu, sesekali keluar dari kolam untuk jogging untuk menjaga suhu tubuh dan aliran darah tetap stabil.

Simak Aturan Berenang yang Baik, Berikut Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan!

3. Pendinginan Setelah Berenang

Tidak hanya melakukan pemanasan sebelum berenang, anda juga harus melakukan pendinginan setelah usai menjalankan aktivitas tersebut. Pendinginan ini akan membantu mengontrol detak jantung supaya kembali normal. Jadi sebaiknya jangan buru buru keluar dari kolam usai berenang.

Adapun pendinginan yang paling umum dilakukan yaitu menjalankan ritme renang ringan beberapa lap. Kemudian pendinginan di luar kolam dapat dilakukan dengan sedikit peregangan di bawah pancuran air hangat ketika mandi. Aturan berenang yang baik pada tahap ini yaitu menahan posisi peregangan masing masing selama kurang lebih 30 sampai 40 detik.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berenang

1. Berenang Setelah Makan Besar

Jika anda baru selesai makan besar atau dalam artian mengonsumsi makanan berat, maka jangan langsung masuk ke dalam kolam dan berenang. Pasalnya perut yang baru terisi oleh makanan berat akan membuat suhu tubuh meningkat lantaran sistem pencernaan bekerja. Dan kondisi seperti itu tidak bagus untuk masuk ke kolam. Jadi sebaiknya anda memberikan jeda setidaknya sekitar 1 jam.

2. Berenang Tanpa Melihat Kedalaman Kolam

Meskipun anda termasuk orang yang mahir dalam berenang, namun masuk ke kolam tanpa persiapan dan tidak melihat kedalamannya adalah kesalahan besar. Khususnya jika anda berenang di kolam umum, dimana banyak arena yang memiliki kedalaman bervariasi dalam satu kolam renang. 

Aturan berenang yang baik yaitu mengenali medan tempat anda melakukan aktivitas tersebut. Sehingga anda bisa tahu sejauh mana kira kira anda bisa tahu sejauh mana anda dapat berenang di dalam kolam tersebut. Alhasil hal hal tidak diinginkan yang dapat terjadi pun bisa dihindari.

Perlu diketahui bahwa kecelakaan itu bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja, bahkan di kolam kecil sekalipun. Maka dari itu, anda perlu memahami aturan renang yang tepat dan menjalankannya dengan baik. Sehingga berbagai risiko kecelakaan yang dapat terjadi bisa diminimalisir dan dicegah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *