Connect with us

indonesia

Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal, Ada Beberapa Evaluasi

Timnas Indonesia memastikan satu tiket ke babak semifinal setelah pada pertandingan terakhir mampu mengalahkan Myanmar dengan skor yang cukup meyakinkan dengan skor 3-1. Dengan hasil ini Timnas Indonesia masih menunggu lawan dari group B antara Malaysia atau Thailand yang akan menjadi lawan di babak semifinal.

Kemungkinan besar Timnas Indonesia akan melawan Malaysia di babak semifinal karena Malaysia sendiri sekarang berada di puncak klasmen dan pertandingan terakhirnya akan melawan Kamboja yang secara kualitas Malaysia unggul. Atau justru Timnas Indonesia bisa juga akan melawan Thailand jika Malaysia tidak mampu menang lawan Kamboja, karena Thailand akan bertemu dengan Laos.

Lolosnya Timnas Indonesia ke babak semifinal semakin mendekatkan langkah mereka dengan target yang diberikan yaitu medali emas. Progres permainan pun juga diperlihatkan dari laga per laga memberikan progres yang sangat baik dari segi permainan ataupun organisasi permainan. Dari laga pertama yang kalah dengan Vietnam 3-0, mampu menang melawan Timor Leste 4-1, lawan Philipina 3-0 dan terakhir Myanmar 3-1. Artinya dari segi permainan dan organisasi mengalami peningkatan yang cukup baik, ini sama halnya dengan apa yang terjadi di ajang AFF 2020 Singapura tahun lalu situasinya hampir sama, mengalami peningkatan dari laga pertama hingga seterusnya, dan kemungkinan puncak permainan terbaik timnas Indonesia bisa jadi akan terjadi pada babak semifinal dan final.

Ada beberapa evaluasi walaupun mampu lolos ke babak semifinal, dari segi teknik maupun permainan menggunakan formasi 4-1-4-1 dengan memposisikan Marc Klok sebagai gelandang penghubung antar lini tengah dan belakang serta sebagai penjaga kedalaman, dan menempatkan Kambuaya dan Marselino sebagai gelandang serang memang membuat permainan lebih hidup, ini bisa menjadi opsi bagi STY jika memang ingin bermain offensive sejak menit awal.

Untuk masalah fisik sendiri tidak bisa dipungkiri memang para pemain Timnas Indonesia mengalami kelelahan karena jadwal yang sangat padat, dimana pada babak kedua terlihat jelas bagaimana fisik mereka mulai menurun dan hasilnya Indonesia kebobolan satu gol dari Myanmar. Ini harus menjadi evaluasi oleh para pelatih untuk pintar-pintar merotasi pemain karena jadwal yang sangat-sangat padat. 

Patut kita tunggu bagaimana kiprah Timnas Indonesia pada ajang Sea Games Vietnam kali ini, mengingat ekspektasi masyarakat Indonesia yang bergitu tinggi.

Hasbunallah Wa Nikmal Wakil Nikmal Maula Wa Nikman Nasir

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in indonesia