Tips Belajar Tenis Lapangan untuk Pemula Agar Dapat Menjadi Pemain Pro

Tips Belajar Tenis Lapangan untuk Pemula Agar Dapat Menjadi Pemain Pro

Pada masa awal awal perkembangannya, tenis merupakan olahraga yang banyak dilakukan oleh kaum bangsawan Eropa. Tidak heran apabila tenis pun kerap dianggap sebagai olahraga yang elit dan banyak yang berminat untuk mempelajarinya. Tidak bisa main asal pukul, berikut tips belajar tenis lapangan yang bisa diterapkan sebagai langkah awal untuk menjadi pemain pro.

Langkah Awal Belajar Tenis Lapangan

1. Beli Perlengkapan Tenis yang Diperlukan

Agar dapat belajar tenis dengan benar, maka pertama tama anda perlu membeli perlengkapan tenis lapangan terlebih dahulu. Apabila tujuan anda adalah menjadi pemain pro, maka ini wajib dilakukan. Sebab menekuni suatu olahraga tertentu memang tidak cukup hanya dengan membaca teori saja.

Read More

Adapun beberapa item yang dibutuhkan dalam tenis lapangan antara lain raket dan sarung, bola, serta sepatu. Untuk pemula, silahkan pilih raket yang beratnya terasa pas di tangan agar nyaman digunakan latihan. Biasanya raket tenis sendiri disediakan khusus untuk pemain wanita atau pria di toko. Jadi bisa anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan masing masing.

Tips Belajar Tenis Lapangan untuk Pemula Agar Dapat Menjadi Pemain Pro

Sementara bola tenis sebaiknya dibeli dalam jumlah tiga atau empat buah sebagai tips belajar tenis lapangan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi bola yang hilang selama latihan memukul. Dan sepatu bisa menggunakan sneakers lama yang telah dimiliki. Namun jika mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya membeli sepatu tenis khusus lengkap dengan pakaian tenis lapangan.

2. Berlatih Teknik Dasar Permainan Bola Tenis

Apabila anda sudah memiliki berbagai perlengkapan untuk bermain tenis lapangan, berikutnya anda bisa mulai berlatih teknis dasar permainan bola tenis. Secara garis besar, teknik dasar tenis lapangan dibagi menjadi tiga. Yaitu teknik pukulan, stance, dan footwork atau gerakan kaki. Dimana teknik pukulan sendiri dibagi kembali menjadi empat, yaitu volley, backhand, forehand, dan servis.

Volley adalah pukulan dengan posisi di atas kepala, backhand yaitu pukulan dengan posisi menyilang di depan badan, forehand yaitu pukulan dengan posisi lengan terbuka, dan servis adalah pukulan awal. Memahaminya satu persatu bisa menjadi tips belajar tenis lapangan untuk pemula.

Lalu untuk teknik dasar lainnya seperti stance, adalah posisi siap pada badan, kaki, dan tangan untuk memukul bola atau menerima bola. Gerakan stance tersebut punya banyak variasi, tapi dianjurkan untuk menguasai satu saja terlebih dahulu. Sementara footwork dikenal dengan teknik gerakan kaki. Dasar dari footwork adalah satu kaki berperan sebagai tumpuan dan kaki lainnya yang bergerak ke segala arah.

3. Bergabung dengan Klub Tenis

Supaya semua perlengkapan tenis lapangan yang anda siapkan dapat digunakan secara optimal dan anda pun bisa mengasah teknis dasar yang dipelajari, maka tidak ada salahnya untuk bergabung dengan klub tenis. Karena bergabung dengan sebuah klub memungkinkan anda bertemu dengan rekan sesama pemula. Sehingga anda dapat belajar bersama dengan lebih menyenangkan.

Selain itu, para senior di klub juga tidak akan sungkan memberikan contoh cara bermain tenis lapangan yang tepat. Sehingga anda memiliki kesempatan untuk belajar berbagai teknik khusus olahraga tenis secara langsung dari para ahli. Jadi tips belajar tenis lapangan untuk pemula ini sangat tepat untuk dipraktikkan. 

Tenis lapangan merupakan olahraga yang memerlukan keterampilan tinggi. Jadi bukan hanya mengenakan pakaian bagus dan asal pukul saja. Namun setiap pukulan yang dilakukan juga menggunakan teknik teknik khusus. Itulah kenapa anda dapat menerapkan beberapa tips di atas sebagai pemula apabila ingin menjadi pemain tenis pro. Kuncinya adalah terus berlatih dan berlatih.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.